Liquid Penetrant Test

Pelatihan Penetran Testing

Metode Liquid Penetrant Test merupakan metode NDT yang paling sederhana. Metode ini digunakan untuk menemukan cacat di permukaan terbuka dari komponen solid, baik logam maupun non logam, seperti keramik dan plastik fiber. Melalui metode ini, cacat pada material akan terlihat lebih jelas. Caranya adalah dengan memberikan cairan berwarna terang pada permukaan yang diinspeksi. Cairan ini harus memiliki daya penetrasi yang baik dan viskousitas yang rendah agar dapat masuk pada cacat dipermukaan material. Selanjutnya, penetrant yang tersisa di permukaan material disingkirkan. Cacat akan nampak jelas jika perbedaan warna penetrant dengan latar belakang cukup kontras. Seusai inspeksi, penetrant yang tertinggal dibersihkan dengan penerapan developer. Kelemahan dari metode ini antara lain adalah bahwa metode ini hanya bisa diterapkan pada permukaan terbuka. Metode ini tidak dapat diterapkan pada komponen dengan permukaan kasar, berpelapis, atau berpori.

 

  1. Pelatihan Penetrant Test Level 1

Tujuan  Pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan dasar cara pengujian NTD menggunakan metode Penetrant Testing  yang, sehingga memungkinkan seorang teknisi / operator dapat melakukan uji sesuai dengan prosedur yang ditetapkan di bawah pengawasan personil tingkat II.

Tanggung Jawab Personil  Tingkat I adalah melakukan kegiatan operasi sesuai dengan instruksi tertulis, mempersiapkan peralatan, melakukan uji, membuat laporan, mengklasifikasi, dan melaporkan hasilnya. Personil tingkat 1  tidak mempunyai tanggung jawab atas pilihan metode uji maupun penilaian hasil uji.

  1. Pelatihan Penetrant Test Level 2

Tujuan  Pelatihan adalah memberikan pengetahuan baik secara teori maupun praktek secara penuh mengenai cara pengujian NDT dengan metode Penetrant Testing sesuai standart, sehingga peserta pelatihan akan mampu melakukan Penetrant Testing dan mengarahkan Personil level 1 sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan, menentukan metode pengujian yang akan dilakukan, memelihara dan mengkalibrasi peralatan, menerjemahkan dan mengevaluasi hasil uji sesuai dengan standar yang berlaku.

Mengembangkan teknik pengujian NDT metode Penetrant Testing dan diadopsi untuk masalah yang timbul selama pengujian, menyiapkan instruksi tertulis, mengatur dan melaporkan hasil uji.

 

Kurikulum Pelatihan Penetrant Testing Level 1 & 2
No. Materi Level 1 (jam) Level 2 (jam)
1 Pengetahuan Material 2 3
2 Prinsip Fisika Penetrant Testing 3 3
3 Pemrosesan 4 4
4 Peralatan dan Bahan Pengujian 2 3
5 Code dan standar 3 3
6 Presentasi dan rekaman Hasil 2 6
7 Interpretasi Hasil dan Keterbatasan - 2
8 Praktek Penetrant Testing 4 -
TOTAL  JAM 20 (3 hari) 24 (3 hari)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>